Skip to main content

HAROLD HOTELLING (1895-1973)




HAROLD HOTELLING (1895-1973)

Harold Hotelling merupakan tokoh yang melanjutkan factor analysis dari Spearman. Ia melihat bahwa estimasi merupakan problem utama dalam analisis faktor. Karenanya, ia kemudian melakukan penyempurnaan konsep principal component analysis dari Pearson sehingga dapat digunakan untuk melakukan estimasi analisis faktor. Hotelling merupakan satu tokoh besar dalam teori Multivariate, dan salah satu usulannya adalah canonical correlation.
Harold Hotelling lahir di Minnesota pada tahun 1895 dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Seattle, Washington. Beliau memperoleh gelar sarjana dalam jurnalisme pada tahun 1919 dan gelar master dalam matematika pada tahun 1921 dari University of Washington.
Pada tahun 1924, ia mendapatkan PhD dalam matematika dari Universitas Princeton, dan mulai mengajar di Stanford University tahun yang sama. Hotelling segera menyadari bahwa bidang statistik akan lebih berguna jika digunakan metode matematika yang lebih tinggi, sehingga pada tahun 1929, ia pergi ke Inggris untuk belajar dengan RA Fisher, statistik sangat menonjol.
Ketika Hotelling kembali ke Amerika Serikat, ia mulai mengembangkan beberapa teknik di Universitas Stanford. Aplikasi awal melibatkan berbagai bidang jurnalisme, ilmu politik, populasi, dan suplai makanan. Pada tahun 1931, Hotelling mulai bekerja di Columbia University, di mana ia berperan dalam penciptaan departemen statistik universitas. Selama waktunya di Columbia, ia membantu beberapa sarjana Eropa Tengah, termasuk Abraham Wald-an, melarikan diri Jerman, dan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan militer statistik selama Perang Dunia II.
Gertrude Cox, direktur pertama dari Institute of Statistics, direkrut Hotelling untuk University of North Carolina di Chapel Hill (UNC-CH) pada tahun 1946 untuk menemukan statistik departemen baru. Di Universitas, ia adalah seorang profesor dan Ketua Departemen Statistik Matematika, seorang profesor ekonomi, dan direktur dari Institute of Statistics. Pada 1961, ia dipromosikan menjadi Profesor Statistik Kenan. Dia pensiun dari universitas pada tahun 1966. Pada tahun 1989, UNC-CH mendirikan Harold Hotelling profesor di bidang Ekonomi untuk menghormati Hotelling dan karya-karyanya.
Hotelling dianggap sebagai pelopor dalam bidang statistik matematika dan ekonomi di abad 20, dengan kontribusi kepada teori permintaan dan utilitas, ekonomi kesejahteraan, dan perpajakan. Karyanya dalam statistik matematika termasuk yang terkenal 1931 kertas pada distribusi t Student untuk pengujian hipotesis, di mana ia meletakkan apa yang telah dilakukan sejak disebut “interval kepercayaan.” paper Ekonominya sepanjang 1920-an dan 1930-an dibahas persaingan, teori permainan, depresiasi, dan kelelahan sumber daya. Ia juga dibahas topik dalam statistik matematika seperti pengujian hipotesis dan interval kepercayaan.
Area statistik dengan upaya paling signifikan yang paling berkelanjutan dan mungkin Hotelling adalah dari analisis statistik multivariat. Bahkan, namanya dikaitkan dengan beberapa metode dan statistik. Kontribusi pertama yang signifikan kemudian disebut T2 Hotelling yang Generalized. Perkembangan lain utama dalam analisis multivariat terkait dengan Hotelling adalah komponen utama. Dia tepat dirumuskan ide komponen, membawa menanggung pengetahuan matematika, menunjukkan implikasi, yang mengatur prosedur komputasi, dan membahas inferensi statistik. Ketika Hotelling dan istrinya pertama kali tiba di Chapel Hill, mereka juga membentuk “Teh Hotelling,” di mana mereka membuka rumah mereka untuk mahasiswa dan fakultas untuk waktu minum teh sebulan sekali.
Hotelling menerbitkan berbagai publikasi termasuk penelitian dalam matematika, matematika ekonomi, dan statistik teori maupun terapan, filsafat pendidikan dan diskusi, sketsa biografi, review buku, dan kertas berbagai macam lainnya. Awal tulisan dieksplorasi topik statistik seperti kepadatan koefisien korelasi, persamaan diferensial memiliki probabilitas kesalahan istilah, dan proses stokastik. Selama bertahun-tahun, ia menutupi banyak masalah statistik lainnya dan memelopori banyak perkembangan baru.

Souce Terjemahan dari :
Harold Hotelling, by Megan Kruse Public Affairs Coordinator, ASA,

Comments

Popular posts from this blog

SIR RONALD AYLMER FISHER (1890-1962)- "Pengembang Distribusi F"

Fisher   adalah pakar statistika, pertanian eksperimental, dan genetika kuantitatif asal Inggris. Richard Dawkins, tokoh pendukung neo-Darwinisme dan atheisme, menyebutnya sebagai “Pengganti Darwin terbesar”, dan ahli sejarah statistika Anders Hald menyebut “Fisher adalah seorang jenius yang dengan sendirian menciptakan dasar-dasar ilmu statistika modern”. Nama : Sir   Ronald Aylmer Fisher   TTL : Inggris, 17 Februari 1890 Peran dalam Statistika : pemberi landasan bagi banyak aspek dalam statistika modern, khususnya di bidang statistika inferensi, yang mempelajari teori estimasi dan uji hipotesis. Ia juga dikenal sebagai orang yang mampu menyatukan dua kutub perdebatan di awal perkembangan genetika modern: antara kutub genetika kuantitatif dan genetika kualitatif (genetika Mendel) Sumbangan Fisher Prinsip Disain Eksperimen maksimum likelihood sufficiency ,   ancilarity Diskriminator Lin

TABEL INPUT-OUTPUT: Penyajian Tabel

#6 Penyajian Tabel Input-Output Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa suatu tabel I-O sebenarnya terdiri dari 4 (empat) kuadran, yaitu kuadran I merupakan kuadran input antara ( intermediate inputs ) atau kuadran konsumsi antara ( intermediate consumptions ), kuadran 2 merupakan kuadran permintaan akhir ( final demands ) atau konsumsi akhir ( final consumptions ), kuadran 3 merupak kuadran nilai tambah ( value added ) atau kudaran input primer ( primary inputs ), dan kuadran 4 merupakan kuadran keterkaitan nilai tambah dengan permintaan akhir ( interrelated between value added and final demands ).   Tetapi buku ini hanya mengenalkan suatu tabel I-O dengan menggunakan 3 (tiga) kuadran saja, yaitu kuadran 1, 2, dan 3, mengikuti tabel I-O yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Paling tidak, suatu tabel I-O dapat disusun dengan menggunakan kombinasi dari 4 (empat) bentuk susunan berikut, yaitu: Tabel I-O model impor bersaing ( competitive import Input-Output mod

Proyeksi Perubahan Piramida Penduduk Indonesia 2010-2035

Peristiwa lahir, mati dan pindah merupakan peristiwa alamiah yang bisa terjadi di suatu wilayah. Hal tersebutlah yang mengakibatkan adanya dinamika penduduk di wilayah tersebut. Karena merupakan peristiwa alamiah, maka dinamika penduduk bisa berlangsung walaupun tanpa intervensi. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa tanpa adanya intervensi maka tingkat kelahiran dan kematian bisa sangat tinggi. Padahal salah satu indikator perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat adalah: rendahnya tingkat kematian dan rendahnya angka ketergantungan. Transisi demografi di Indonesia, berlangsung secara perlahan namun terus menerus. Hasil Sensus Penduduk 2010 (SP2010) menunjukkan adanya transisi demografi yang  mengubah struktur umur penduduk Indonesia. sejak tahun 1971. Keberhasilan berbagai program dalam mengintervensi dinamika penduduk telah mampu menggeser anak-anak dan remaja, berusia dibawah 15 tahun, yang biasanya besar dan berat di bagian bawah dari piramida penduduk Indonesia, ke bagian